Kamis, 02 Februari 2023

Nada Nadia (Intro)

      Nada, telah berlalu puluhan tahun dari masa kita bertemu waktu SMP. SMP salah satu sekolah terfavorit di kota kita tinggal. Hanya aku berjuang untuk masuk kesana, walaupun ternyata masih banyak kekurangan yang tidak aku ketahui untuk menjadi salah satu pelajar disana. Kekurangan sebab kemiskinan menyebabkan sekolah disana menjadi sangat mahal, bahkan untuk bertahan disana aku harus berjualan dan berdagang asongan untuk memenuhi kebutuhan sekolah. Sampai waktu aku pernah tidak makan hanya untuk mengumpulkan uang untuk membayar LKS salah satu pelajaran di Sekolah.

       SMP Pawyatan Daha adalah sekolah mu, dekat dengan latar alun-alun kota kita tinggal. Saat itu kau sedang ada di depan Gerbang sekolah sendirian tampak letih menunggu jemputan yang belum datang. Kala itu hujan rintik, aku memutuskan tetap pulang dari sekolahku, sepeda jengki hitamku aku kayuh sekalipun berat karena melawan arus angin. Kuanggap hujan rintik adalah sahabatku sebagai kemudahan untuk melewati jalan raya, yang biasa penuh kendaraan bisa lumayan sepi ditinggal para pengendara kendaraan bermotor. Aku putuskan untuk berbelok ke arah alun-alun menuju ke arah sekolahmu. Tepat berbelok hujan disertai angin kencang dan cenderung bertambah intensitas turunnya hujan memaksaku berteduh. Kuputuskan menepikan sepeda jengkiku tepat depan gerbang sekolahmu karena ada atap depan gerbang sekolahmu, sayang aku tak berani masuk. Sambil menyandarkan tubuhku ke tepi tiang gerbang, tak kusadari ada salah satu murid disana dan itu kamu.

      Cukup lama kau memperhatikan ku dan melihat topi sekolahku dengan tulisan SMPN 1 kota kita bertemu. Lalu dari sebrang tepi tiang gerbang lainnya kau menyapaku, "Hi, apakah kau murid SMPN 1?" kata salam perkenalan yang terdengar indah dan lembut. Tak pelak suara itu mengejutkanku, "Oh iya" Jawabku. Senyummu membangkitkan kesadaranku untuk memperkenalkan diriku dan siapa aku kepada wanita yang keturunan tionghoa. Tampak bersih dan putih kulitmu terawat.

 

Tidak ada komentar: